9 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Paling Terkenal

Banyak Alasan kenapa anda harus mengunjungi Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Semarang selain memiliki Banyak obyek Wisata, Kuliner yang Enak dan Menggiurkan, terdapat Oleh-oleh Khas Semarang yang membuat anda teringat-ingat tentang Kota Lumpia ini. Biar anda tidak salah pilih Oleh-oleh, kita akan membahas tentang 9 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Paling Terkenal dan Wajib anda Bawa ke Kota asal anda.

1. Lumpia Semarang

Oleh-Oleh khas Semarang

Lumpia Semarang

Ingat Lumpia, ingat Semarang. Tidak lengkap rasanya kalau anda ke Semarang tidak membawa Oleh-oleh Asli Semarang ini. Menikmati Lumpia langsung di kota asalnya sendiri dapat menimbulkan sensasi tersendiri. Setiap gigitannya yang renyah dengan isi Rebung ayam manis gurih bisa membuat anda ingin terus mengunyahnya, mmm..saya yakin anda sedang membayangkannya.

Untuk mendapatkan Lumpia sebagai Oleh-oleh tidaklah sulit. Anda bisa menemukan Lumpia di seluruh penjuru kota Semarang. Coba anda kunjungi di Pusat Oleh-oleh seperti Pandanaran atau Gedung UMKM Center atau anda ingin membeli langsung dari tempat asli dimana resep lumpia ini diciptakan, anda bisa datang ke Gang Lombok, Kawasan Pecinan Semarang.

2. Wingko Babat

Walaupun bukan Jajanan Khas Semarang, Jajanan yang berbentuk Bulat ini banyak dicari wisatawan yang datang ke Semarang. Perpaduan rasa yang dihasilkan dari Kelapa Muda Pilihan dan Gula menjadikan Wingko memiliki Rasa Khas yang lezat. Tempat membeli Wingko Babat anda bisa datang ke Jalan cenderawasih 14, disana ada Wingko Babat Cap Kereta api yang populer di Semarang.

3. Tahu Bakso

Tahu Bakso ini adalah Cemilan Khas dari Ungaran, Kabupaten Semarang. Cemilan Tahu bakso ini bisa menemani Teh Hangat di Sore Hari. Terdapat dua macam tahu bakso, yaitu Bakso Goreng dan Tahu Bakso rebus. Tak perlu bertanya mana yang lebih enak, anda bisa ambil keduanya.

Salah satu Toko yang terkenal adalah Tahu Bakso Ibu Pudji di Ungaran. Tahu Bakso disana terkenal berukuran Besar, Bebas Formalin, Borax dan Bahan Pengawet. Ia juga memiliki beberapa gerai yang tersebar di Semarang.

4. Kue Mochi

Oleh Oleh khas semarang Kue Mochi

Kue Mochi

Kue Mochi adalah asal dari Negeri Seberang, Walaupun begitu ternyata kue mochi menjadi Oleh-oleh Khas Semarang yang harus kamu Beli. Mochi yang populer adalah Moaci Gemini yang terletak di Jalan Kentangan Barat 101, Semarang. Tampilannya yang bulat kecil – kecil dan Kenyal dengan taburan wijen atau ada yang berlapis gula putih bubuk, berisi Kacang atau wijen akan menggoda siapapun yang melihatnya. Moaci Gemini dibuat tanpa bahan Pengawet dan tahan sampai satu Minggu.

5. Roti Ganjel Rel

Dari namanya saja membuat orang bertanya-tanya seperti apa Roti ini, Rasa Penasaran banyak orang tentang roti ini membuat Roti ini menjadi pilihan untuk dijadikan Oleh-oleh. Roti ini terbuat dari tepung tapioka, Santan, air nira, gula dan kayu manis sebagai penambah aroma sedap, juga terdapat taburan Wijen untuk pemanis tampilan. Tekstur roti yang keras dan warna coklat ini membuat warga setempat menyamakannya dengan bantalan Rel Kereta api. Untuk mendapatkan Roti Ganjel Rel ini anda bisa menemukannya di pusat Oleh0oleh Jalan Pandanaran.

6. Brillian Super Cake

Roti Brillian atau Brillian Super Cake menjadi Oleh-oleh yang banyak diburu Wisatawan. Roti Brillian ini dibuat dari bahan pilihan terbaik dan menggunakan resep kuno yang terjaga keasliannya. Beragam Varian dapat anda pilih, seperti keju, coklat, almond dan Kismis. Anda dapat menemukannya di Istana Brillian yang terletak di Jalan Simpang Lima, Semarang.

7. Brownies Opium

Brownis Opium? Namanya kaya Narkoba ya? Eits.. Jangan salah sangka dulu dengan namanya. Jangan menilai sesuatu dari luarnya, tapi kita coba mengetahuinya lebih dalam. Brownies ini bukanlah makanan dengan rasa Ganja (Opium), tapi rasanya yang bikin nagih, kecanduan karena Rasanya yang Lezat dan Nyokelat Banget Oleh-oleh ini dinamakan Brownies Opium. Nama Toko Kue ini adalah Premium Brownies & Chocolate, dan anda bisa mendapatkannya di beberapa gerai di Semarang antara lain Jalan Jati Raya No. F-12 C, Banyumanik atau di Jalan Erlangga Barat 7 No. 6 Semarang.

8. Ikan Bandeng Presto

Sebelumnya kita sudah membicarakan Makanan-makanan Ringan yang bisa anda bawa untuk dijadikan oleh-oleh dari Semarang, sekarang kita ke Oleh-oleh yang bisa anda sandingkan dengan Nasi untuk makan anda. Makanan Olahan Ikan bandeng ini bisa anda temukan di Jalan Pandanaran 57 dan Jalan Pamularsih dengan Nama Bandeng Juwana Erlina. Bandeng Juwana ini memberi pilihan kepada anda yang bisa anda bawa pulang yaitu Bandeng Duri Lunak, Bandeng Asap dan Otak-otak Bandeng.

9. Kaos Costa Brava Van Java

Selain Makanan, Anda juga bisa membawa Kaos Khas Semarang ini yang berlabel Costa Brava van Java. Meskipun namanya terdengar asing, namun kaos ini asli buatan anak Semarang. Kaos Costa Brava Van Java ini memiliki Desain yang unik dan Fresh, beberapa Desainnya adalah gambar Simpang Lima dan Lawang Sewu. Anda bisa datang ke Kantornya di Jalan Tlogosari III No. 32A, Tembalang, Semarang.

Jadi, itulah Beberapa Makanan dan Pakaian yang bisa anda jadikan Oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang untuk mengenang kota Semarang ini. So… Jangan lupa Borong Oleh-Oleh Khas Semarangnya ya, Selamat Berbelanja!

Baca Juga

8 Tempat Wisata di Semarang Yang Paling Asyik dan Hits Untuk Dikunjungi

(Visited 3,148 times, 2 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *