Alun-alun Simpang Lima Kota Semarang.

Semarang yang terletak di Pesisir Utara Jawa Tengah bisa dibilang sebagai kota yang sempurna. Segala Keindahan terletak di Kota yang didirikan Ki Ageng Pandanaran sekitar 468 tahun yang lalu. Banyaknya destinasi Wisata ini membuat kota ini ramai Pengunjung dari berbagai daerah, bahkan ada beberapa dari Mancanegara. Salah satu tempat yang ramai oleh Masyarakat Semarang maupun luar semarang adalah Alun-alun Simpang Lima Kota Semarang.

Simpang Lima Semarang adalah sebuah lapangan yang berada di pusat kota Semarang dan juga merupakan salah satu tempat yang memberi ciri khas bagi kota Semarang. Tempat ini merupakan alun-alun yang berada di tengah-tengah persimpangan Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan gajahmada dan Jalan Ahmad Dahlan.

Di sekitarnya terdapat hotel-hotel berbintang dan pusat perbelanjaan. Di antaranya hotel Ciputra, Hotel Horison, Hotel Graha Santika, Mall Ciputra, E Plaza, Plaza Simpang Lima, Living Plaza, Holiday Inn, Warhol Apartemen, @hom Hotel, dan Condotel. Karena kemudahan aksesnya ini Simpang lima menjadi salah satu tempat wisata dan merupakan Jantung Kota atau pusat Keramaian kota Semarang.

Menurut Sejarah, Simpanglima menjadi alun-alun Kota Semarang berdasarkan usulan Presiden RI Pertama yaitu Ir. Soekarno, dengan alasan pusat Alun-alun yang semula berada di Kawasan Kauman telah beralih fungsi menjadi Pusat Perbelanjaan. Simpanglima merupakan salah satu Landmark kota semarang. Terdapat Lapangan besar yang disebut juga dengan lapangan Pancasila. Di Lapangan Pancasila ini berfungsi sebagai tempat upacara pada hari-hari besar.

Selain itu Simpanglima juga sering menjadi tempat berlangsungnya pertunjukan musik maupun seni budaya, tempat rekreasi, bahkan terdapat pasar tiban pada waktu-waktu tertentu. Berbagai jenis makanan tersedia disini, baik makanan berat maupun makanan ringan dijual dengan gaya lesehan mengambil tempat sekitar trotoar di sekeliling alun-alun.

Untuk hari yang paling ramai di Simpanglima Semarang ini adalah hari sabtu sore atau Malam Minggu serta hari minggu pagi sampai sore dimana banyak orang menghabiskan waktu untuk Week end bersama keluarga maupun Pasangannya, baik dari luar semarang maupun Masyarakat Semarang sendiri. Disini juga terdapat Souvenir, alat sekolah sampai alat rumah tangga, sandal, hiasan rambut, Pakaian baju, celana dan lainnya.

(Visited 760 times, 1 visits today)

You may also like...

2 Responses

  1. August 15, 2016

    […] Kawasan Simpang Lima¬† […]

  2. August 17, 2016

    […] Juwana ini anda bisa kunjungi lokasinya di Jalan Pandanaran No. 57, Semarang. Kalau anda habis dari Simpang Lima Semarang, anda bisa langsung mengambil arah menuju jalan tersebut, tokonya berada di sebelah kiri jalan. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *