Cara Asyik Mensosialisasikan Gerakan #CintaRupiah

#CintaRupiah , Saat ini , pemerintah melalui Bank Indonesia (BI), tengah menggalakkan kembali gerakan cinta rupiah. Berbagai cara telah disosialisasikan terkait gerakan ini. Entah itu membuka BI Corner di beberapa kampus atau mengadakan event guna menarik massa untuk mengetahui program pemerintah ini.

Pemerintah saat ini telah menggandeng beberapa kampus yang tersebar di Indonesia untuk ikut menggaungkan gerakan cinta rupiah ini. Salah satunya dengan memberikan pojok informasi BI. Semua yang terkait dengan Bank Indonesia yang ingin kita ketahui, ada di sana. Seperti bagaimana proses pembuatan uang hingga kemudian sampai ke tangan kita. Menampilkan berbagai model dan design dari masa ke masa terkait design uang. Termasuk rumit dan detilnya ketika mencetak uang.

Proses mencetak uang negara tentu akan melalui proses yang sangat hati-hati dan detil. Tengok saja dari proses pencetakannya yang dilakukan oleh pihak Peruri di lahan pabrik sekitar 200 hektar. Setelah design disetujui oleh BI, Peruri mencetak dan memperbanyak. Setiap pegawai yang masuk ke dalam pabrik akan diperiksa dengan teliti, dan tidak diperkenankan membawa uang saat masuk, sepeser pun. Bila ketahuan, hukuman siap menanti. Proses pembuatan design master dan bahan baku dilakukan satu demi satu menggunakan mesin. Butuh sekitar 2-3 bulan dalam pembuatan gambarnya. Setelah selesai, baru masuk ke proses cetak. Mencetak dengan warna dasar pada dua sisi menggunakan mesin ini, mampu menghasilkan hasil yang sangat baik. Lalu dilakukan penyempurnaan dalam pewarnaan dan pemasangan hologram. Setelah selesai dicetak dan dipotong, dilanjutkan dengan proses seleksi untuk memilah uang yang tak layak edar. Warna tidak utuh, terlipat, sobek dan sebagainya dikumpulkan dan diserahkan kembali ke BI untuk dimusnahkan secara legal.

Tak hanya itu sosialisasi melalui BI corner, pemerintah untuk menyasar kaum muda adalah dengan mengadakan kompetisi blog dan video. Sesuatu yang dekat dengan anak muda, yaitu blog dan video. Yang tambah menarik adalah, hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan. Intip saja situsnya di http://cintarupiah.id/terms-and-conditions . Syaratnya yang sangat mudah diharapkan mampu menggaet kaum muda untuk ikut terlibat dalam kampanye ini.

Anda tertarik untuk mengikuti lomba kali ini?

 

foto ghuj.com

(Visited 69 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *