#CintaRupiah Sejak Dini

Cinta rupiah –  Aku cinta rupiah Biar dolar dimana-mana
Aku suka rupiah, karena aku anak Indonesia
Mau beli baju, pakai rupiah
Jajannya juga, pakai rupiah
Mau beli buku, buku sekolah
Karena ku sayang ya rupiah

Teks tersebut adalah cuplikan lagu Cinta Rupiah yang dinyanyikan oleh Cindy Cenora. Lagu tersebut menggambarkan seorang anak yang cinta rupiah dengan cara selalu berbelanja dan membeli kebutuhan sekolah dengan rupiah. Tabungan yang dimilikinya juga dalam bentuk rupiah. Bukan hanya cinta rupiah, dalam lagu tersebut juga ada himbauan untuk bangga dan senantiasa menggunakan produk dalam negeri. Lagu yang sederhana namun kaya akan makna nasionalisme ini sangat bagus untuk diperkenalkan pada anak-anak, agar mereka meneladani apa yang disampaikan oleh lagu tersebut. Pada saat krisis 1998, lagu semacam ini sangat membantu untuk mengembalikan rasa bangga dan cinta terhadap rupiah serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap rupiah.

Keadaan perekonomian selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Gerakan cinta rupiah bukan hanya untuk orang-orang dewasa, namun yang sangat penting adalah menanamkan sejak dini pada anak-anak. Sedari dini mereka harus mengenal rupiah bukan hanya sebagai alat transaksi, namun juga sebagai lambang kedaulatan negara yang harus dijaga dan dihormati. Sikap ini akan tertanam kuat pada masa kanak-kanak dan terus ada hingga mereka dewasa. Siklus ini akan berulang ketika mereka juga menanamkan hal yang sama pada keluarga. Jadilah satu keluarga yang memiliki rasa cinta rupiah dan akan terus berlanjut ke generasi selanjutnya.

Lagu anak-anak bertemakan cinta rupiah adalah salah satu caranya, namun bukan hanya melalui lagu saja, masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendekatkan anak-anak pada rupiah. Sosialisasi dengan metode yang sesuai dengan anak-anak dapat dilakukan di sekolah-sekolah. Misalnya dengan menggambar, mewarnai, metode cerita, serta permainan-permainan yang di dalamnya terkandung pesan untuk cinta terhadap rupiah. Kegiatan tersebut jua bisa dilanjutkan dengan sosialisasi ringan untuk mengenalkan rupiah, bahwa rupiah memiliki makna yang sangat penting. Anak-anak tersebut juga perlu untuk diberikan contoh cara menjaga rupiah, seperti tidak melipat, membasahi atau mensteples uang. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengenalkan cinta rupiah pada anak-anak.

 

 

foto wikimedia

(Visited 29 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *