GNNT Untuk Startup Indonesia

Pemerintah Indonesia telah sejak lama berusaha menumbuhkan jiwa-jiwa wirausaha di berbagai daerah. Hal ini kemudian memunculkan usaha-usaha baru, atau dalam bahasa yang lebih kekinian disebut sebagai start up. Banyak muncul start up-start up di banyak tempat secara hampir bersamaan.

Sebagian besar start up berada pada ranah industri kreatif. Sebagian start up juga ada pada bidang pengembangan teknologi. Satu hal yang kemudian menjadi salah satu hambatan bagi start up untuk berkembang menjadi SME yang sukses adalah dana.

Kebanyakan start up dijalankan oleh anak muda yang memiliki semangat, yang sebagian memiliki dana dan sebagian lainnya tidak. Sayangnya, sebagian start up membutuhkan modal berupa peralayan-peralatan teknologi, baik berupa perangkat komputasi, software, alat fabrikasi yang semuanya membutuhkan dana yang lumayan besar bagi anak muda. Belum lagi dana riset yang pasti dibutuhkan, baik untuk riset produk, riset pasar, dan lainnya.

Sebagian usaha start up yang telah berjalan dapat berhenti, atau bahkan tumbang dan mati ‘hanya’ karena masalah permodalan ini. Sebagian yang lain mungkin memaksakan diri dengan berjalan seadanya, maka kemudian usahanya tidak berkembang. Usaha yang tidak berkembang, kemungkinan besar akan mati, dan inilah nasib dari sebagian besar usaha. Rata-rata hanya sekitar 4% yang mampu bertahan lama, itu pun dengan melalui dinamika yang tidak bisa dianggap enteng.

Lantas apa sih solusi untuk permodalan start up ini? Terdapat banyak jalan untuk menangani masalah ini, sebagian diwujudkan sebagai program-program pemerintah, baik secara langsung maupun melalui lembaga-lembaga terkait. Salah satunya adalah GNNT.

GNNT adalah Gerakan Nasional Non Tunai. Gerakan ini digawangi oleh Bank Indonesia yang merupakan salah satu lembaga otoritas keuangan terbesar di Indonesia.

Dengan transaksi non tunai, pembelian asset untuk usaha-usaha start up dapat dipercepat. Dengan percepatan ini, perkembangan start up di Indonesia diharapkan dapat semakin pesat dan memunculkan SME-SME sukses dan pada skala yang lebih besar meningkatkan kekuatan ekonomi Indonesia. Inilah yang diharapkan menjadi hasil dari jiwa-jiwa usaha yang ditanamkan pada iklim yang sesuai. Akhirnya semoga nanti hasilnya bisa kita tuai.

(Visited 59 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *