Indahnya kawasan Pecinan di Kota Semarang

Kota Semarang memiliki banyak tempat Wisata yang dapat kamu kunjungi bersama Pasangan ataupun Keluarga pada saat Liburan, cocok untuk Pengetahuan tentang tempat bersejarah, Religi, Budaya, dan lainnya. Atau untuk anda yang ingin Refreshing melepaskan Penat dari kesibukan Kerjaan disini terdapat tempat Wisata alam yang beragam baik di Pegunungan, di Pantai, Perkebunan, perkebunan, atau di daratan. Salah satu tempat yang menjadi Destinasi anda ketika berkunjung ke Semarang, jangan lupa untuk berkunjung untuk melihat Indahnya Kawasan Pecinan di Kota Semarang.

Kawasan Pecinan Semarang merupakan Kawasan yang pemegang pengaruh besar terhadap pembentukan Kota Semarang dan memiliki nilai Historis yang tidak lekang oleh waktu karena memiliki Sejarah yang tidak kalah panjang dengan Kawasan Kota Lama Semarang. Awal terbentuknya Kawasan Pecinan ini dikarenakan pemberontakan orang Tionghoa di daerah Batavia pada tahun 1740 kepada Kompeni Belanda, namun berhasil digagalkan pada tahun 1743. Hingga akhirnya Belanda memindahkan orang Tionghoa di Semarang yang dulunya tinggal di daerah Gedong Batu ke Kawasan Pecinan sekarang ini. Tujuan Belanda pada saat itu adalah agar Belanda mudah mengawasi Pergerakan Orang-orang Tionghoa tersebut Karena dekat dengan Militer milik Belanda yang terletak di Jl. KH. Agus salim atau Jurnatan (sekarang menjadi Miramar Restaurant).

Jika anda memasuki Kawasan di sekitar Gang Lombok Barat ini jangan kaget kalau anda bagaikan memasuki negeri Tirai Bambu dengan skala Mini. Karena dari kisah sejarahnya juga sudah terlihat bahwa disinilah warga keturunan Tionghoa sejak berabad-abad silam menetap di Semarang. Di Pecinan ini sangat kental dengan budaya Tionghoa, hampir setiap gang terdapat Klenteng yang memiliki keistimewaan tersendiri.

Selain menikmati Keindahan dari Klenteng yang berumur ratusan tahun, kita juga bisa menikmati Kuliner  di Pasar Semawis atau bisa disebut juga Waroeng Semawis dengan tenda yang menjajakan aneka jenis Makanan dan juga minuman, terutama pada saat malam hari, Banyak Penjual mendagangkan makanan dan minuman sehingga memancing banyak orang untuk datang, khususnya Tionghoa.

Pasar Semawis ini buka setiap hari jumat hingga hari minggu mulai pukul 18.00 hingga 23.00 WIB. Bermacam-macam makanan Khas Semarang dapat anda temukan di kawasan ini.

Begitulah Kawasan Pecinan di semarang, terutama pada saat mendekati perayaan Imlek dan malam hari, kawasan ini akan tampak lebih hidup, rapi dan indah. Banyak ornamen dan hiasan Khas China yang dipasang rapi berjajar di Kawasan ini.

Untuk anda yang berkunjung ke Semarang, jangan lewatkan untuk mampir ke kawasan Pecinan Semarang. Happy Travelling!

(Visited 262 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *