Info Gereja Blenduk, Semarang Jawa Tengah

Begitu banyak bangunan Kuno di Indonesia salah satunya adalah Gereja Blenduk di Semarang, Jawa Tengah. Gereja Blenduk kadang di eja Gereja Blendug adalah Gereja Kristen Tertua di Jawa Tengah yang dibangun oleh Masyaraka Belanda pada 1753, dengan bentuk heksagonal. Gereja ini merupakan salah satu Landmark di Kota Lama Semarang.

Pada awalnya Gereja ini dibangun berbentuk Rumah Panggung Jawa, dengan atap berarsitektur model Jawa. Namun pada tahun 1787 Rumah panggung ini dirombak total. Lalu tujuh tahun berikutnya dilakukan perubahan kembali. Pada Tahun 1894, gedung ini dibangun kembali oleh H.P.A de Wilde dan W.Westmas. Jadi Gereja ini mengalami 3 kali Renovasi, yaitu pada tahun 1753, 1894, dan terakhir pada tahun 2003. Setiap Renovasinya Gereja ini diabadikan lewat tulisan di atas batu Marmer yang terpasang di bawah alter gereja. Walaupun tiga kali di renovasi, Mereka tidak merubah ciri khas Bangunan yang mengadopsi Gaya Arsitektur Eropa Klasik ini yang anggun dan aristokrat.

Bangunan Gereja yang sekarang merupakan bangunan setangkup dengan facade tunggal yang secara vertikal terbagi atas tiga bagian. Bangunan ini menghadap ke selatan. Lantai bangunannya hampir sama dengan jalan di depannya. Pondasi yang digunakan terbuat dari batu dan sistem strukturnya dari bata, dindingnya juga terbuat dari bata setebal satu batu. Atap Bangunan berbentuk kubah dengan penutupnya lapisan logam yang dibentuk oleh usuk kayu jati. Di bawah pengakiran kubah terdapat lubang cahaya yang menyinari ruang dalam yang luas.

Pada sisi Bangunan Timur, selatan dan barat terdapat portico bergaya Dorik Romawi yang beratap pelana. Gereja ini memiliki dua buah menara di kiri kanan yang denahnya berbentuk bujur sangkar tetapi pada lapisan paling atas berbentuk bundar. Menara ini beratap kubah kecil. Cornice yang ada disekeliling bangunan berbentuk garis-garis mendatar.

Untuk anda yang ingin mengunjungi tempat ini anda bisa mendatanginya di alamat Jalan Letjend Suprapto No. 32 Kota Lama Semarang dan bernama Gereja GPIB Immanuel. Gereja ini juga masih dipergunakan setiap hari minggu, dan sering menjadi salah satu tempat untuk foto Pre Wedding.

(Visited 437 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *