Info Wisata Museum Kereta Api Semarang

Indonesia mempunyai Kisah Bersejarah yang Berlimpah. Kisah bersejarah di Indonesia salah satunya terlihat dari Banyaknya bangunan kuno di daerah-daerah Indonesia. Dan ada juga beberapa kisah bersejarah itu di masukkan ke dalam sebuah Museum. Museum sendiri memiliki pengertian Gedung yang melayani kebutuhan publik, berfungsi Mengumpulkan, merawat, menyajikan dan Melestarikan Benda bersejarah atau Warisan Budaya yang ada di Masyarakat untuk tujuan studi, penelitian, dan Hiburan. Dan di semarang ada sebuah Museum yang unik dan merupakan salah satu tempat Wisata yang ada di Semarang, yaitu Museum Kereta Api Ambarawa di Semarang.

Museum Kereta Api Ambarawa ini merupakan Stasiun Kereta api yang di gunakan oleh orang kolonial pada masa itu, dan sekarang sudah di alihfungsikan menjadi sebuah Museum di Ambarawa, jawa tengah. Museum ini masih memiliki kelengkapan Kereta Api yang pernah berjaya pada zamannya ini. Museum Kereta Api Ambarawa ini didirikan pada tanggal 6 Oktober 1976 di Stasium Ambarawa untuk melestarikan Lokomotif uap.

Di Museum ini terdapat Kereta api Uap bergerigi yang sangat unik, karena Kereta api ini merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di Dunia, yaitu Kereta Api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Mashinenfabriek Esslingen, Serta B  5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG, dan sampai Sekarang Kereta api ini masih bisa menjalankan aktivitasnya sebagai Kereta Api Wisata. Dengan menaiki Kereta Api Wisata ini anda akan melihat Panorama Keindahan alam seperti lembah hijau antara Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu dapat anda saksikan sepanjang perjalanan.

Selain Lokomotifnya yang tua, Kereta Api Ambarawa ini juga unik, karena masih menggunakan Kereta kayu. Kereta Api ini juga mampu mengangkut Hingga 100 Penumpang. Museum Kereta Api ini mengoleksi 21 Lokomotif Uap dan terdapat 3 lokomotif yang dapat di operasikan. Di Museum ini anda juga dapat melihat Koleksi lain seperti Telepon Antik, Peralatan Telegraf Morse, bel antik dan Beberapa Perabotan antik lainnya.

Untuk anda yang pengunjung, Museum ini memiliki fasilitas melayani Kereta Wisata Ambarawa-Bedono ( Pulang Pergi ), Ambarawa – Tuntang ( Pulang Pergi ). Kereta Wisata Ambarawa-Bedono (Pulang Pergi) ini dikenal sebagai Ambarawa Railway Mountain tour. Perjalanannya di tempuh 1 jam untuk sampai Stasiun Bedono yang jaraknya 35 km. Pemandangan yang dapat anda nikmati menuju Statiun tuntang pun tidak kalah bagusnya, sepanjang jalan dapat anda lihat Sawah dan ladang yang memiliki background Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan Rawa Pening di Kejauhan. Harga karcis kereta Wisata sekitar Rp 50.000 perorang, sedangkan lori Rp 10.000 perorang.

Jika anda ingin mengunjungi Museum ini, letaknya di Jalan Stasiun No 1, Kecamatan Ambarawa, Sekitar 1 jam perjalanan dari Semarang atau Yogyakarta. Buka setiap hari dari jam 08.00 – 16.00. Harga tiket masuk Rp. 10.000 untuk anak-anak Rp. 5000.

(Visited 172 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *