Info Wisata Religi Masjid Agung Jawa Tengah

Banyak tempat Wisata di Semarang, Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari yang Bersejarah, bangunan Kuno sampai Tempat yang Religius. Dan tempat Wisata Favorit umat muslim yang banyak di datangi adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Berikut Info Tempat Wisata Religi Masjid Agung Jawa Tengah yang perlu anda ketahui.

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu Mesjid Termegah dan Terbesar di Indonesia yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Lokasi tepatnya berada di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Masjid ini dibangun sejak tahun 2001 hingga selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. Masjid ini sangat megaj dengan luas lahan mencapai 10 Hektar dan luas Bangunan induk untuk shalat 7.669 Meter persegi. Masjid ini bergaya Arsitektur perpaduan antara Jawa, Jawa Tengah dan Yunani.

Masjid ini telah diresmikan oleh Presiden Indonesia pada saat itu, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, di resmikan pada tanggal 14 November 2006. Meskipun baru di resmikan pada tanggal 14 November 2006, Namun masjid ini sudah difungsikan untuk ibadah jauh sebelum tanggal tersebut. Digunakan Ibadah Shalat Jum’at pertama kalinya pada tanggal 19 Maret 2004 dengan Khatib Drs. H. M. Chabib Thoha, MA, Kakanwil Depag Jawa Tengah.

Menurut Sejarah, Pembangunan Masjid ini berawal dari kembalinya tanah banda (harta) Wakaf milik Masjid Besar Kauman Semarang yang telah sekian lama tak jelas kelanjutannya. Raibnya Harta Wakaf Masjid Besar Kauman Semarang berawal dari Masalah pengurusan tanah yang dikelola BKM (Badan Kesejahteraan Masjid). Bermasalah karena disebutkan alasan kalau tanah itu tidak Produktif. Lalu berbagai pihak memperjuangkan hak Wakaf Masjid ini dan akhirnya berbuah manis.

Pada tanggal 6 Juni 2001 Gubernur Jawa Tengah membentuk Tim Koordinasi Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah untuk menangani Masalah-masalah baik yang mendasar maupun teknis. Berkat niat yang baik dan Doa dari Masyarakat Sekitar, dalam waktu kerja yang amat singkat keputusan-keputusan pokok sudah dapat ditentukan Status Tanah, persetujuan pembiayaan APBD oleh DPRD Jawa Tengah, serta pemilihan lahan tapak dan Program Ruang.

Kemudian Pembangunan masjid tersebut dimulai pada hari Jumat, 6 September 2002 yang di tandai dengan pemasangan tiang pancang perdana yang dilakukan Menteri Agama RI, Prof. Dr. H. Said Agil Husen Al Munawar, KH. MA Sahal Mahfudz dan Gubernur Jawa Tengah, H. Mardiyanto. Pemasangan tiang pancang pertama tersebut juga dihadiri oleh tujuh duta Besar dari Negara-negara Sahabat, yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Kuwait, Mesir, Palestina dan Abu Dhabi. Yang akhirnya mata dan perhatian dunia Internasional pun mendukung dibangunnya Masjid Agung Jawa Tengah tersebut.

Masjid ini memiliki beberapa Keunikan yang bikin anda terkagum-kagum, di antaranya berupa Menara Asmaul Husna (al Husna Tower) dengan ketinggian 99 m. Menara tersebut dapat anda lihat dari radius 5 Km dan terletak di Pojok barat daya masjid. Menara ini melambangkan Kebesaran dan Kemahakuasaan Allah. Dipuncak menara juga dilengkapi teropong pandang, anda bisa menikmati udara yang segar juga dapat melihat indahnya kota Semarang dan Kapal-kapal yang sedang berlalu lalang di Pelabuhan Tanjung Emas.

Masjid agung kota semarang

Masjid agung kota semarang

Masjid ini juga terdapat Al quran Raksasa tulisan tangan karya H. Hayatuddin, seorang penulis Kaligrafi dari Universitas Sains dan Ilmu Al qur’an dari Wonosobo, Jawa Tengah. Tidak hanya itu, ada juga Replika Beduk raksasa yang dibuat oleh para santri Pesantreen Alfalah Mangnsari, Jatilawang, Banyumas, jawa barat.

Tidak hanya di Masjid Nabawi, Masjid Agung Jawa Tengah ini juga memiliki Payung yang hampir sama dengan yang dimiliki Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Selain itu di Masjid ini juga terdapat fasilitas lain seperti, perpustakaan, auditorium, penginapan, Ruang akad nikah, museum kebudayaan Islam, Cafe Muslim, Kios Cenderamata, dan lain-lain. Lalu juga terdapat berbagai sarana Hiburan seperti air mancur, arena bermain anak-anak, dan kereta kelinci yang mengantarkan pengunjung berputar mengelilingi Kompleks masjid ini.

Pada saat liburan, masjid ini banyak di kunjungi wisatawan yang berasal dari berbagai daerah, juga beberapa turis mancanegara, khususnya yang muslim.

(Visited 549 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *