kolaborasi dengan brand

Ingin Kolaborasi dengan Brand Internasional? Ini Tipsnya!

Saat ini banyak brand yang melakukan kolaborasi bersama brand lain (brand collaboration) untuk membangun reputasi sekaligus menarik minat konsumen yang lebih besar lagi. Bahkan saat ini, banyak brand kosmetik yang berkolaborasi dengan brand makanan atau minuman.

Kolaborasi ini menghasilkan produk edisi khusus yang cukup menarik dan banyak disukai. Namun, untuk membuat kolaborasi dengan brand lain termasuk brand internasional memang bukan hal yang mudah. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan termasuk persiapan biaya yang rasanya tidak sedikit. Namun dengan hadirnya KTA, impian membangun kolaborasi dengan brand lain, dapat terwujud lebih cepat.

Bagaimana Cara Membangun Kolaborasi Brand dengan KTA?

Sebelum mencari tahu apa itu KTA bank, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar rencana kolaborasi brand dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

  1. Perencanaan Kampanye Produk

    Untuk dapat menarik perhatian pasar yang lebih besar, kamu perlu merencanakan kampanye produk yang ingin diadakan. Pada tahap ini kamu perlu memikirkan secara matang, brand mana yang akan kamu ajak kerja sama.
    Ketahui lebih dalam mengenai produk apa yang mereka miliki, kelebihan serta kekurangannya, dan reputasi seperti apa yang ditonjolkan dari brand tersebut, kemudian kamu cocokkan dengan tujuan kolaborasi brand yang kamu inginkan.

  2. Lakukan Seleksi Beberapa Brand

    Perlu kamu ketahui bahwa kolaborasi brand lebih dari sekedar mencapai kepopuleran saja. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk melakukan seleksi pada beberapa brand yang sekiranya potensial untuk menjalin kolaborasi sehingga dapat mencapai target pasar yang diinginkan.
    Jangan lupa untuk mencari tahu mengenai kompetitor dari brand yang kamu pilih untuk diajak kolaborasi. Tujuannya agar kamu dapat menyusun strategi dalam menghadapi persaingan tersebut.

  3. Siapkan Kontrak yang Jelas

    Hal satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Dalam hubungan profesional semacam ini, kontrak kerja memiliki peran yang sangat penting. Buatlah kontrak kerja yang didalamnya tercantum hak dan kewajiban masing-masing pihak secara rinci serta jelas.
    Dengan begitu, hubungan kerjasama kamu dengan brand akan terjalin dengan lancar dan jelas. Jika kamu bekerja sama dengan brand internasional, pastikan kontrak kerja setidaknya dibuat dalam bahasa Inggris dan pahami betul isinya.

  4. Atur Waktu untuk Kerja Sama

    Kamu dan brand yang akan berkolaborasi perlu menyesuaikan waktu kerja sama yang tepat. Perlu kamu pahami bahwa brand tentu memiliki kampanye brand lain yang harus dilakukan, itu mengapa pengertian satu sama lain sangat dibutuhkan.

  5. Bangun Hubungan Kerja Sama yang Fleksibel

    Untuk dapat membangun kolaborasi brand yang baik, fleksibilitas menjadi faktor yang sangat menentukan. Jika waktu untuk berkolaborasi dirasa belum tepat karena satu dan lain hal, jangan terlalu dipaksakan.
    Tidak masalah jika harus menunda rencana kolaborasi yang telah dibuat, karena jika kondisi tidak memungkinkan namun tetap dipaksakan, hanya akan membuat hasilnya menjadi tidak maksimal.

  6. Lakukan Strategi Personalisasi

    strategi personalisasi dengan brandFoto Pexels

    Pada saat ini, seringnya audiens ingin mengetahui cerita dibalik kolaborasi brand yang tengah dilakukan. Kamu beserta brand dapat menyusun strategi personalisasi.
    Misalnya dengan mengadakan acara virtual di platform media sosial untuk membagikan kisah terjalinnya hubungan bisnis antara kamu dengan brand tersebut.
    Hal semacam ini tentu mampu membantu kamu mengatur strategi pemasaran yang paling tepat dengan melihat respon dari audiens pada saat melakukan acara virtual tersebut.

  7. Berikan Informasi Terbaru

    Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, pertukaran informasi pun semakin cepat. Manfaatkan teknologi seperti platform media sosial untuk membagikan informasi terbaru mengenai proses kerjasama kamu bersama brand.
    Dalam membuat kolaborasi, kamu membutuhkan dana yang besar nantinya, tapi tak perlu khawatir. Ada KTA dari bank yang akan membantu kamu. Dana yang diberikan bisa mencapai ratusan juta, jadi kolaborasi bisa berjalan lancar tanpa terkendala dana.

Lalu, Bagaimana Cara Mendapatkan Brand yang Tepat untuk Kolaborasi?

Untuk dapat berkolaborasi dengan sebuah bisnis terutama brand internasional memang bukanlah hal yang mudah. Itu mengapa kamu perlu mengetahui cara memilih brand yang tepat untuk berkolaborasi, berikut ini beberapa caranya:

  • Tentukan Alasan Utama Kolaborasi

    Disini kamu perlu menentukan alasan utama dari kolaborasi yang ingin dilakukan. Dengan begitu, proses ini akan sangat membantumu dalam menemukan brand yang benar-benar sesuai untuk menjalin kolaborasi.

  • Miliki Skill Set yang Seimbang

    Kamu juga perlu memperhatikan skill set yang dimiliki oleh brand yang sekiranya cocok. Sekalipun tidak menggeluti bidang yang sama, namun jika skill set yang dimiliki setidaknya sesuai, kamu dan brand dapat berjalan beriringan dan kolaborasi pun kemungkinan dapat berjalan dengan lancar.

  • Memiliki Tujuan yang Sejalan

    Pastikan kamu dan brand memiliki tujuan bisnis yang sejalan. Untuk mengetahuinya, kamu dapat berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak brand tersebut.
    Jika kamu sudah memastikan memiliki tujuan yang sama dengan brand, hal tersebut dapat mengurangi risiko terjadinya konflik antara kedua belah pihak.

  • Kolaborasi untuk Saling Melengkapi

    Miliki pengetahuan mengenai berbagai informasi dari referensi brand yang kamu miliki. Bandingkan beberapa brand mulai dari kelebihan, kekurangan, potensi bisnis yang dimiliki dan berbagai hal lainnya.
    Cermati kemampuan yang tidak dimiliki brand & cocokkan dengan kemampuanmu, jika dapat saling melengkapi satu sama lain, hal tersebut dapat menjadi pertanda yang bagus bahwa kolaborasi kamu dengan brand tersebut dapat berjalan dengan baik.

Agar kolaborasi dengan brand dapat berjalan dengan lancar, pastikan kamu menyiapkan dana yang cukup, salah satu solusinya yaitu dengan pengajuan KTA seperti digibank KTA. Pinjaman ini mencapai Rp200 juta, jadi sangat cocok untuk biaya operasional kolaborasimu.

Dengan begitu kamu dapat menjalankan kolaborasi bersama brand lebih cepat. Pengajuannya pun tidak terlalu sulit karena dapat dilakukan secara online.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa itu KTA bank dan hal lainnya, kamu dapat mengetahuinya dengan mengakses laman berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.

 

foto pexels

(Visited 12 times, 1 visits today)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *