Ini Dia 6 Makanan Khas Di Semarang yang Wajib Dicoba

Jika Anda Belibur Ke Daerah Semarang Jangan Lupa Berkunjung Ketempat Makanan Khas yang dipastikan super menggonda. Kota Semarang yang merupakan ibukota nya provinsi Jawa Tengah ini memang kaya dengan kuliner yang rasanya sudah terkenal dikalangan traveller. So, ini adalah rekomendasi kuliner wajib kalau anda berada di Kota Semarang. 

1. Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang terdiri tahu goreng, gimbal, tempe, irisan kol dan disiram dengan sambal kacang. Gimbal adalah udang yang digoreng dengan tepung. Gimbal ini rasanya gurih, manis, dan juga pedas.yang sering jadi rujukan adalah di Warung Tahu Gimbal Lumayan, atau sering juga disebut dengan nama Tahu Gimbal Pak Man atau Tahu Gimbal Plampitan, karena letaknya memang di Jalan Plampitan Semarang, tidak jauh dari dengan Hotel Quest. Warung tidak terlalu besar, sekitar untuk 10 orang, karena itu tidak heran jika terlihat antrean di warung ini.

2. Tahu Pong

Selain tahu gimbal, tahu pong juga merupakan makanan khas Semarang. Tahu pong adalah tahu goreng yang garing dan gurih. Saat digigit, tahu ini tidak berisi apapun atau kosong (kopong). Oleh sebab itu, tahu ini dinamakan tahu pong.

Tahu Pong enak disantap saat panas. Lalu dicocol petis udang yang encer, berteman acar dan ulekan kasar cabai hijau. Rasanya sungguh membuat ketagihan. Harga seporsi tahu ini adalah Rp 6 ribu saja. Anda bisa menemukan penjual tahu pong di Simpang Lima.

3. Babat Gongso

Babat Gongso adalah salah satu kuliner Semarang yang wajib dicoba bagi traveler pecinta babat. Anda bisa menemukannya di Nasi Goreng Pak Karmin, Jl Pemuda (Samping Jembatan Mberok), dekat kantor pos kota lama, Semarang. Selain nasi goreng babat, babat gongso di sini terkenal dengan rasanya yang khas.
Babat gongso adalah potongan Babat dan juga jeroan lainnya, seperti ati, limpa, paru atau iso, yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental. Rasa manis dan pedas begitu terasa. Tak hanya itu, babat ini sangat empuk. Untuk satu porsinya dipatok harga Rp 25 ribu. Cukup mahal, tapi rasanya tak akan pernah Anda lupakan.Mantap Deh Pokoknya !!

 

 

4. Lumpia

Semarang identik dengan yang namanya  lumpia. Ya, Lumpia Semarang adalah jajanan yang paling diburu traveler saat berkunjung ke sana. Tak sulit untuk mencari jajanan yang satu ini. Biasanya traveler berburu lumpia di sekitar Jalan MT Haryono.
Di antara begitu banyaknya pedagang lumpia, ada satu toko lumpia yang sangat laris, dan bahkan populer hingga ke mancanegara, yakni toko Lumpia Semarang Gang Lombok No. 11. Konon, keluarga pemilik toko tersebut adalah yang pertama kali membuat lumpia Semarang.Jangan Lupa Mampir Yah.

 

5. Es Conglik

Tak lengkap ke Semarang sebelum mencoba es conglik. Anda bisa mencicipinya di daerah Simpang Lima, lebih tepatnya di Jl. KH.Ahmad Dahlan A No. 11, Semarang Tengah, Kota Semarang. Es conglik memiliki sepuluh citra rasa yang segar dan dijamin tanpa bahan pengawet. Beberapa rasanya adalah coklat, sirsak, kopyor, leci, kelengkeng, belewah, kacang ijo, durian, dan alpukat. Seporsinya, es ini seharga Rp 10 ribu. Benar-benar pelepas dahaga saat sedang cuaca panas!!

 

6. Soto Semarang


Hampir di setiap daerah, negeri kita ini memiliki sajian segar berkuah bening atau pun berkuah santan bernama soto. Tak terkecuali di Semarang juga memiliki soto semarang yang berkuah bening.
Salah satu yang direkomendasikan adalah Soto Bangkong. Nama Bangkong diambil dari nama tempat didirikannya rumah makan ini, yaitu di Perempatan Bangkong, Semarang. Dalam perkembangannya, Soto Bangkong telah membuka cabang di berbagai kota di Pulau Jawa. Warung soto ini buka setiap hari mulai dari jam 07.00 pagi sampai jam 10.00 malam.
Soto Bangkong berdiri sejak tahun 1950. Pemilik soto ini bernama H. Soleh Soekarno. Awalnya soto ini dijajakan dengan menggunakan angkring bambu yang dipikul dengan berjalan kaki. Lebih dari 60 tahun Pak Soleh merintis usaha warung soto miliknya hingga saat ini. Walaupun telah lanjut usia Pak Soleh dibantu dengan beberapa karyawannya tetap setia menjalani usahanya.

Itulah sebagian dariMakanan khas Semarang yang wajib dicoba. So, selamat menikmati liburan di Kota Semarang.

(Visited 48 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *