Jangan Edarkan Uang Palsu Jika Kamu Cinta Rupiah

Jangan edarkan uang palsu – Peredaran uang palsu ataupun mainan memang sedang marak di negara kita tercinta. Banyak kasus yang menyorot pada pemberitaan uang palsu dan uang mainan mirip Rupiah yang digunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab untuk merugikan pihak lain.

Beberapa kasus uang mainan yang digunakan sebagai alat pembayaran sempat viral di jejaring sosial instagram. Sasaran oknum nakal tersebut adalah pedagang-pedagang kecil dari penjual salak sampai penjual cincau. Nahasnya lagi, penjual-penjual tersebut notabene sudah berumur bahkan beberapa korbannya tergolong sangat renta.

Uang mainan sejatinya tidak boleh beredar karena berindikasi adanya pemalsuan uang yang tentunya dapat merugikan banyak pihak. Alasan lainnya adalah uang dengan nilai Rupiah merupakan lambang dari kedaulatan negara maka akan sangat tidak pantas jika dijadikan sebagai mainan karena mempermainkan kedaulatan negara sama saja menjadi pengkhianat negara. Meski terlihat sepele, ternyata beredarnya uang mainan harus ditindak tegas. Walaupun sampai saat ini belum ada peraturan secara tertulis mengenai sanksi dari pembuatan dan peredaran dari uang mainan ini. Namun, karena berindikasi pada pemalsuan uang maka bisa saja hukum yang berlaku disamaratakan. Hal ini terpampang jelas pada pasal 244 KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana) yang berbunyi “Barang siapa memalsu, meniru atau memalsu mata uang atau kertas yang dikeluarkan oleh negara dengan maksud untuk mengedarkan atau menyuruh mengedarkan mata uang atau uang kertas itu sebagai asli dan tidak palsu diancam dengan pidana 15 tahun penjara”

Bisnis peredaran uang mainan ini bahkan cukup terbilang terang-terangan. Anda dapat mencobanya dengan menuliskan kata kunci “uang mainan” pada alat peselancar dunia maya seperti google, disana akan anda temukan beberapa oknum yang dengan bangganya mempromosikan uang mainan mereka. Tak hanya secara online, penjualan uang mainan ini bahkan dapat kita temui di sekolah-sekolah dasar. Saat anak kecil yang menjadikan uang mainan ini murni sebagai mainan mungkin banyak yang beranggapan tidak mengapa. Akan tetapi ketika orang dengan pikiran licik menggunakannya tentu hal ini menjadi kasus yang serius.

 

gambar bukalapak

(Visited 75 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *