Keuntungan Internet Banking Bagi Jual Beli Online

Keuntungan Internet Banking Bagi Jual Beli Online – Internet Banking atau jika diartikan secara gamblang sebagai kegiatan perbankan melalui media internet merupakan suatu kemajuan dalam bidang perbankan sekarang ini. Internet Banking menawarkan fasilitas layanan perbankan 24 jam nonstop, setiap hari, kapan pun dan di mana pun Anda berada, mulai dari informasi saldo, rekening, pembayaran, transfer, dan lain sebagainya.

Anda tidak perlu cape-cape datang ke Bank atau ke ATM, hanya dengan ponsel atau komputer Anda, hanya duduk di meja kerja Anda, bahkan ketika santai sekalipun Anda bisa melakukan transaksi melalui Internet Banking. Begitu banyak manfaat dari Internet Banking dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana manfaat Internet Banking bagi bisnis jual beli online.
Jual beli secara online atau sering disebut dengan e-commerce (kegiatan komersial secara elektronik) muncul berdasarkan latar belakangi oleh transaksi konvensional dalam jual beli yang terbatas ruang waktu dan potensi kriminalitas dalam teknis di lapangan. Transaksi konvensional dalam jual beli ditandai dengan harus bertemunya kedua pihak yakni penjual dan pembeli dalam bertransaksi atau terbatas secara ruang. Jika jarak penjual dan pembeli atau ke pusat perbelanjaan yang dekat mungkin tidak menjadi masalah, namun bagaimana jika calon pembeli atau penjual berada di luar kota, luar pulau, luar negeri? Tentu tidak mungkin dilakukan. Transaksi konvensional juga ditandai dengan penggunaan uang tunai secara langsung dalam pembayarannya. Dalam hal waktu, transaksi konvensional hanya bisa dilakukan di waktu penjual menjual produknya, misalnya jika belanja di pasar hanya dari pagi sampai sore, jika belanja di super market hanya sampai tokonya tutup, dan contoh lainnya. Dengan demikian transaksi konvensional akan menambah biaya perjalanan baik si pembeli maupun penjual, mengurangi kesempatan mendapat keuntungan lebih bagi si penjual, dan mengurangi kesempatan membeli barang yang diinginkan bagi si pembeli.
Mari kita bandingkan jika transaksi menggunakan Internet Banking. Hanya membutuhkan koneksi internet dan teknologi yang memadai, kita melakukan transaksi 24 jam nonstop. Seorang pembeli bisa membeli barang apa saja dan kapan saja, setiap hari, setiap jam, menit, bahkan detik. Bagi pula dengan si penjual, dia bisa berjualan 24 jam nonstop, bahkan tidak perlu sewa tempat atau bangunan untuk berjualan. Selain itu akan terhindar dari praktik penipuan dan kecurangan, penjual tidak akan menerima uang palsu, transaksi pun bisa tercatat dengan baik.

foto: theeuropeanfinancialreview

(Visited 83 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *