Kisah Sejarah Wisata Lawang Sewu di Semarang Jawa Tengah

Pernah berlibur ke Ibukota Jawa tengah, Semarang? kalau Pernah, pasti anda tahu salah satu tempat Wisata di Semarang, yaitu Lawang Sewu. Lawang Sewu terkenal dengan Suasana Mistisnya, Karena terdapat banyak bangunan yang sudah Kuno menambah Mistisnya tempat ini, terutama pada saat Malam hari. Pernah salah satu acara di Televisi yang tentang hal-hal Ghaib atau Uji Nyali, Mereka Menyebutkan bahwa Lawang Sewu adalah salah satu tempat Terseram di Indonesia. Tapi ada apa di Balik seramnya itu, dan Apa Kisah Sejarah Wisata Lawang sewu yang berada di Semarang, Jawa Tengah ini.

Wisata Semarang Lawang Sewu

Lawang Sewu

Nama Lawang Sewu yang dalam Bahasa Indonesia berarti Seribu Pintu adalah Gedung-Gedung Kuno Bersejarah yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini dibangun pada Tahun 1904 oleh Belanda yang berfungsi sebagai Kantor Perusahaan Kereta Api Belanda. Lawang sewu terletak di Bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilheminaplein.

Nama Lawang Sewu yang berarti Seribu pintu ini berasar dari bentuk Bangunannya yang mempunyai banyak pintu dan Jendela yang tinggi dan lebar, dan Masyarakat sering menganggapnya sebagai Pintu (lawang). Bangunan kuno ini selain pernah menjadi kantor Perusahaan Kereta Api, juga pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah.

Disini juga menjadi Lokasi Peristiwa Pertempuran lima hari di semarang (14 Oktober 1945 – 19 Oktober 1945). Gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran hebat antara pemuda AMKA atau Kepanjangan Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Dan sampai sekarang Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan Kuno atau Bersejarah di Kota Semarang yang patut di lindungi.

Sampai saat ini bangunan Lawang Sewu ini telah mengalami tahap Konservasi dan Revitalisasi yang dilakukan oleh Unit Pelestarian Benda dan Bangunan bersejarah PT Kereta Api Persero.

Nah, begitulah Kisah Sejarah tentang Lawang Sewu Semarang, tahukan kenapa terdapat suasana Mistis disana. Selain menguji adrenalin dengan suasana yang Mistis, ternyata banyak Pengetahuan Sejarah yang bisa kita ambil kisahnya di Gedung yang kata orang menyeramkan.

(Visited 246 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *