Mengintip peluang kerja di bidang transportasi

Dewasa ini, bidang Teknik menjadi tujuan utama yang dilirik Sebagian besar pendaftar perguruan tinggi. Kebutuhan akan sumber daya manusia yang semakin meningkat, tentu saja membuat peluang kerja dibidang Teknik semakin terbuka lebar. Dari sekian banyak cabang cabang di jurusan Teknik, ada satu cabang yang masih terkesan baru bagi Sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Ya benar, Teknik transportasi. Padahal, kebutuhan masyrakat Indonesia terhadap sarana transportasi semakin meningkat, seiring pertumbuhan penduduk yang makin padat. Hal ini lah yang membuat sektor transportasi memiliki peluang untuk membuka lowongan kerja di bidang Teknik transportasi.

Teknik transportasi meliputi sector yang cukup luas, yakni transportasi darat, transportasi laut, dan transportasi udara. Transportasi umum di Indonesia memang masih bisa dibilang cukup tertinggal dari negara tetangga. Lihat saja contohnya, seperti Malaysia yang sudah sejak lama mengintegrasikan system monorel dan kereta bawah tanah dan menjadi solusi padatnya penduduk disana. Adapun Singapura yang sudah sejak lama berhasil menjadi penguasa sector transportasi laut dan menjadi internasional hub terbesar di bumi bagian selatan. Dari sektor udara juga tak ketinggalan, Singapura memiliki bandara dengan rute tersibuk se-Asean. Tata kelola yang professional dan sumber daya manusia yang kompetitif adalah kunci keberhasilan Malaysia dan Singapura mengelola system transportasi di negara mereka.

lowongan kerja jooble

Di Indonesia sendiri, kereta bawah tanah merupakan hal yang baru dan baru terdapat di Jakarta. Padahal, jumlah penduduk kita jauh melebihi kapasitas transportasi umum yang tersedia. Pemerintah sendiri akhirnya mulai melihat potensi tersebut dengan bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi untuk membuka jurusan Teknik di bidang transportasi. ITS sudah lebih dulu membuka jurusan Teknik perkapalan dan kelautan. Meskipun tergolong baru, peluang kerja melalui sektor transportasi bisa dibilang cukup besar peluangnya untuk para mahasiswa.

Kebutuhan yang meningkat dan keterbatasan sumber daya manusia, menjadikan lulusan Teknik transportasi lebih mudah menemukan pekerjaan. Menteri perhubungan, Budi Karya pernah mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia masih kekurangan tenaga ahli di bidang transportasi. Padahal, estimasi pendapatan lulusan freshgraduate di bidang Teknik transportasi menjadi salah satu yang mendapat bayaran tertinggi. Jadi, peluang kerja di sektor transportasi cukup menggiurkan bukan? Cari peluang kerja anda juga di https://id.jooble.org

 

foto pexels

(Visited 22 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *