Monumen Tugu Muda Semarang Jawa Tengah

Salah satu tempat Bersejarah di Semarang adalah Monumen Tugu Muda Semarang Jawa Tengah yang terletak di Jantung kota. Tugu ini dibangun demi memperingati pertempuran 5 hari di Semarang pada 10 November 1950. Pertempuran 5 hari di Semarang ini melawan tentara Jepang dari tanggal 14 Oktober 1945 sampai 18 Oktober 1945. Monumen Tugu Muda ini diresmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno pada 20 Mei 1953.

Bangunan bersejarah ini, terletak di pertemuan jalan Protokoler Kota Semarang yang banyak merekam Peristiwa penting ini selama 5 hari pertempuran. Jalan Protokoler itu adalah Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Dr Soetomo, dan Jalan Pandanaran, serta Bangunan bersejarah Gedung Lawang Sewu yang dikenal dengan wisata Misterinya.

Sejarah Tugu Muda Semarang

Menurut Sejarah Lawang sewu ini menjadi saksi bisu perjuangan anak-anak muda Semarang yang dimulai pada 15 Oktober 1945 hingga berakhir pada 20 Oktober 1945 itu. Pertempuran ini dipicu kaburnya tawanan Jepang pada 14 Oktober 1945 dan Banyak Pemuda yang mencari tawanan ini lalu menangkapnya. Lalu pada sore harinya tersiar kabar tentara Jepang menebarkan racun kedalam sumber air minum bagi warga negara Semarang pada saat itu yang bernama Reservoir Siranda di Candilama. Hingga akhirnya Kepala RS Purasa (sekarang RS Umum Pusat Dr Kariadi) yang bernama Dokter Kariadi memeriksa Reservoir tersebut. Dan disana tentara Jepang telah melakukan serangan di beberapa tempat menuju Reservoir Siranda. Lalu mobil yang ditumpangi Dr Kariadi dicegat tentara Jepang dan Dr Kariadi ditembak secara keji hingga akhirnya Beliau gugur. Lalu pertempuran berlangsung sampai 18 Oktober 1945.

Deskripsi Tugu Muda Semarang

Tugu Muda ini berbentuk menyerupai Lilin, yang mengandung makna perjuangan demi mempertahankan kemerdekaan RI yang tidak akan pernah padam. Bentuk Tugu Muda ini merupakan tugu yang berpenampang segi lima. Terdiri dari tiga Bagian yaitu landasan Badan dan Kepala, pada sisi landasannya terdapat Relief dan keseluruhan Tugu dibuat dari Batu. Lalu untuk memperkuat kesan tugunya, dibuat Kolam Hias dan taman pada sekeliling tugu.

Di taman yang terdapat di Tugu Muda ini di beri beberapa ornamen supaya tugu muda dapat dijadikan sebagai Taman kota, antara lain terdapat air mancur, lampu-lampu warna putih an kuning yang menambah Kesan anggun di Malam hari. Pada taman terdapat Pohon Cemara, duplikasi senjata bambu runcing yang tegak berdiri berjajar sebanyak Lima Buah yang menggambarkan pertempuran lima hari di Semarang dengan bersenjatakan Bambu Runcing.

Kini tugu muda dijadikan sebuah tempat berkumpul oleh kawula muda Semarang untuk berkumpul, bercanda, photo-photo pada malam hari, terutama Malam minggu di area tugu Muda Semarang sangat Ramai.

(Visited 422 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *