Sudah Punya Kartu Kredit, Jika Belum Mari Berkenalan Terlebih Dahulu

Kartu kredit merupakan alat transaksi yang digunakan oleh beberapa kalangan. Faktor kepraktisan menjadi alasan beberapa orang memilih kartu kredit sebagai alat transaksi mereka. Kartu kredit merupakan alat pembayaran pengganti uang tunai yang diterbitkan oleh bank. Nasabah yang menggunakan kartu kredit dapat melakukan traksaksi non tunai. Tinggal gesek langsung beres. Sistem cara kerja dari kartu kredit sendiri telah diatur oleh Bank Indonesia. Penggunaan kartu kredit ini semakin digalakkan oleh Bank Indonesia mengingat adanya gerakan nasional transaksi non tunai.

Penggunaan kartu kredit menunjukkan kelas sosial seseorang. Sehingga tidak heran jika penggunaan kartu kredit ini menjadi salah satu prestis tersendiri. Sebelum kita terjebak dengan berbagai macam kartu kredit alangkah lebih baiknya jika kita mengenal jenis-jenis kartu kredit berdasarkan fungsinya.

Pertama, Credit Card atau kartu kredit. Ini merupakan jenis kartu kredit yang dapat digunakan sebagai alat transaksi non tunai yang pembayarannya dapat dilakukan dengan sekaligus atau secara mencicil jumlah minimun tertentu tergantung dari nilai saldo tagihan dan bunga bulanan. Pembayaran harus dilakukan pada tanggal jatuh tempo pada setiap bulannya. Hati-hati dalam menggunakan jenis kartu ini, saat Anda terlambat melakukan pembayaran maka Anda akan dikenakan late charge atau denda keterlambatan. Dengan kartu kredit, Anda dapat melakukan penarikan uang tunai melalui ATM atau teller bank secara langsung, sesuai dengan kartu kredit yang Anda miliki.
Kedua, Carghe Card. Merupakan kartu yang dapat digunakan dalam transaksi non tunai dimana Anda harus membayar kembali seluruh tagihan secara penuh di akhir bulan atau bulan berikutnya tanpa biaya tambahan. Tanggal jatuh tempo untuk pembayaran telah ditetapkan sebelumnya. Jadi, perbedaan dengan credit card adalah pada pembayaran yang dilakukan tanpa mencicil dan tidak ada tambahan bunga tetapi dimungkinkan ada tambahan lainnya.
Ketiga, Debit Card. Untuk mendapatkan debit card atau kartu debit Anda diharuskan memiliki saldo rekening simpanan. Kartu debit pada dasarnya melakukan transaksni tunai dengan tidak menggunakan uang tunai tetapi dengan mendebit (mengurangi) saldo rekening Anda. Bahasa sederhananya melakukan transaksi non tunai dengan mengurangi saldo rekening tabungan Anda. Jenis kartu ini juga dapat digunakan untuk menarik uang tunai sebagaimana kartu kredit.
Keempat, Cash Card. Cash card ini mitip dengan kartu ATM, setiap pemegang kartu dapat menarik uang tunai langsung melalui kasir bank atau ATM. Pemiliki cash card salah satu bank dapat menggunakannya pada bank lain asalkan sudah ada kerja sama terlebih dahulu. Cash card berbeda dengan tiga jenis kartu kredit lainnya, penerbitannya khusus ditujukan untuk penarikan uang tunai untuk Anda yang sebelumnya telah memiliki simapan. Dengan kata lain, cash card tidak dapat digunakan sebagai alat transaksi.

(Visited 65 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *