Tempat Wisata Candi Gedong Songo Semarang, Jawa Tengah

Menurut Istilah dalam Bahasa Indonesia Candi adalah Sebuah Bangunan keagamaan tempat Ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha. Candi tidak hanya digunakan oleh Masyarakat untuk beribadah atau melakukan hal-hal keagamaan saja, tapi juga dijadikan destinasi Wisata untuk mengenal sejarah dari Candi tersebut, atau mungkin untuk Selfie selfie. Di Semarang ada salah satu Candi yang di jadikan tempat Wisata jika anda berkunjung ke Semarang, Yaitu Candi Gedong Songo.

lokasi wisata candi gedong songo

Candi gedong songo semarang

Candi Gedong Songo ini adalah┬áNama dari sebuah candi peninggalan Budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, lebih tepatnya di lereng gunung ungaran. Candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Gedong Songo ini berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” yang berarti Rumah atau Bangunan, “Songo”berarti Sembilan. Jadi arti dari Gedong songo itu adalah Sembilan Bangunan, Sembilan Bangunan Candi yang tersebar di Komplek kawasan wisata alam di Semarang.

Candi ini ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari Zaman Wangsa Syailendra abad ke – 9 (tahun 927 Masehi). Pada zaman itu Raffles menemukan sebanyak 7 buah bangunan candi sehingga sebelumnya dia menamainya dengan Candi Gedong Pitu yang memiliki arti kata “pitu” dalam bahasa Indonesia adalah tujuh. Tapi pada tahun 1908-1911 seorang arkeolog dari Belanda Van Stein Callenfels melakukan penelitian lagi, dan dalam kurun waktu 3 tahunan Callenfels menemukan 2 Candi lainnya yang bertempat tidak jauh dari candi-canti sebelumnya yang telah ditemukan Raffles. Jadi total semua candi yang ditemukan menjadi 9 Buah, lalu dirubahlah nama dari Candi Gedong pitu menjadi Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo ini berada di Lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedongsongo, dusun darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Untuk menuju Candi Gedong Songo diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan Jalanan yang naik dan kemiringannya sangat tajam. Dan dapat juga di tempuh dalam waktu 10 menit dari Obyek wisata Bandungan. Kalau anda dari Ungaran menuju Gedong Songo memiliki jarak sekitar 25 Km, jika anda dari Ambarawa menuju Gedong Songo memiliki jarak sekitar 15 km, jika anda dari Semarang – Gedong Songo memiliki jarak 45 km.

Untuk menuju Candi Gedong I, kita harus berjalan sejauh 200 meter melalui jalan setapak naik atau anda bisa memanfaatkan Jasa Transportasi Kuda untuk mengelilingi Obyek Wisata Candi Gedongsongo. Lalu di antara Candi Gedong III dengan Gedong IV terdapat sebuah kepunden gunung sebagai sumber air panas dengan kandungan belerang cukup tinggi. Anda dapat menghangatkan tubuh sekaligus melepas lelah di Pemandian yang di bangun di dekat kepunden tersebut.

Demikian Pengetahuan tentang info wisata Candi Gedong Songo yang ada di Semarang, Jika anda berkunjung ke Semarang, Candi Gedong Songo ini bisa menjadi destinasi tempat Wisata.

gambar dari yukpiknik
(Visited 254 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *