Tempat Wisata Pagoda Watugong Semarang

Semarang adalah salah satu Kota Terbesar di Indonesia. Ibukota jawa tengah ini merupakan salah satu Kota bersejarah di Indonesia, dan mempunyai Tempat Wisata yang wajib anda kunjungi. Salah satunya adalah Tempat Wisata Bersejarah Pagoda Watugong Semarang.

Untuk mengunjungi Pagoda Watugong ini anda bisa menuju Jalan Perintis Kemerdekaan, Tepatnya di depan Markas Kodam IV Diponegoro Watugong, Semarang. Untuk menuju ke tempat wisata Pagoda Watugong ini dapat ditempuh dalam waktu 45 menit hingga 1 jam perjalanan. Jika anda backpacker-an anda bisa menggunakan BRT Trans Semarang lalu dilanjutkan berjalan kaki menuju Pagoda ini.

Di tahun 2006 Pagoda ini mendapatkan Rekor Muri, karena menjadi Pagoda tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 45 Meter. Pagoda Watugong ini memiliki tujuh tingkatan dengan desain semakin keatas semakin menyempit. Memiliki tujuh tingkatan ini memiliki makna bahwa seorang pertapa akan mencapat kesucian dalam tingkat ketujuh.

Oiya Nama Lengkap dari Pagoda ini adalah Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong. Bagian dalam Pagoda ini berbentuk segi delapan dengan ukuran 15 x 15 meter. Dari Tingkat kedua hingga keenam dipasang patung Dewi Kwan Im (Dewi Welas Asih) yang menghadap empat penjuru angin. Menurut Pihak pagoda setempat hal ini bertujuan agar sang dewi memancarkan kasih sayangnya ke segala arah mata angin.

Pada tingkat ketujuh dari Pagoda Watugong ini terdapat patung amitaba, yakni guru besar dari para dewa dan manusia. Dibagian puncak pagoda terdapat stupa untuk menyimpan butir-butir mutiara yang keluar dari sang buddha. Salah satu Ikon di Pagoda ini adalah terdapat patung Bodhisatta Avalokiteswara yang berdiri kokoh menghiasi interior bangunan. Umat Buddha biasa melakukan ritual Tjiam Shi di Pagoda ini untuk sebuah ritual untuk mengetahui nasib manusia. Dengan menggoyangkan bambu-bambu yang diberi tanda hingga salah satunya terjatuh, dan nanti akan ada ramalan yang dibacakan oleh petugas pagoda disana.

Di sekitar Pagoda terdapat Patung Buddha Tidur (sleeping Buddha) dalam ukuran kecil dan berwarna cokelat dengan pakaian dan tubuh berwarna emas. Lalu disisi lain ada juga sebuah patung dengan sebuah papan informasi yang ditulis dalam aksara Tiongkok.

Dikomplek Vihara ini juga terdapat cottage untuk para tamu menginap. Tepat di depannya terdapat bangunan Dhammasala yang merupakan bangunan kedua yang menyita perhatian wisatawan. Di Lantai Pertama terdapat aula serbaguna yang mempunyai panggung bagian depannya, lalu di Lantai kedua terdapat Ruang Dhammasala yang digunakan untuk Ibadah Umat Buddha. Di dalam Vihara ini juga terdapat Patung Buddha duduk berukuran besar dan berwarna emas.

Untuk mengunjungi tempat ini anda dapat membayar seikhlasnya untuk pengurus Pagoda Watugong ini. Jam buka 07.00-21.00 WIB, dan pengunjung diwajibkan memakai baju tertutup dan bicara dengan sopan. Okay itu saja Info untuk kalian yang ingin berkunjung sekaligus Beribadah, Happy Travelling!

(Visited 396 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *